Gelar Budaya Sedekah Laut Cilacap


Sumber Light Of Java

Pagelaran budaya di kabupaten Cilacap yang sangat dinantikan oleh masyarakat akhirnya terselenggara dengan sangat meriah. Sebuah tradisi budaya yang khususnya dinantikan oleh kaum nelayan di Cilacap itu, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dari berbagai kota di pesisir Jawa Tengah dan bahkan dari mancanegara.

Gelar Budaya Sedekah Laut, yang dilaksanakan hari ini jumat(07/12) menjadi pemersatu semua elemen masyarakat di Cilacap. Masyarakat tumpah ruah di sepanjang jalan menyaksikan kirab budaya yang membawa joleng sesaji yang akan dilarung di pantai selatan. Walaupun gelar budaya sedekah laut ini dilaksanakan pasca bentrokan yang terjadi beberapa waktu lalu, tetapi hal ini malah menjadi pemersatu bagi kubu yang bentrok tersebut. Para peserta yang kebanyakan dari kaum nelayan tersebut menyambutnya dengan suka cita sebagai bentuk penghormatan terhadap karunia Tuhan yang melimpahkan kekayaan alam di Cilacap.

Bupati Cilacap Tatto S Pamudji dan wakilnya Akhmad Edi S. menjadi tamu kehormatan dalam ritual acara tersebut. Dengan menggunakan kereta kencana (kereta kuda) Bupati beserta istri dan wakil bupati beserta istri ikut mendampingi jalannya kirab budaya tersebut. Kerumunan masyarakat yang meminta untuk bersalaman dan berfoto dengan bupati dan wakilnya tersebut, menambah keramaian masyarakat dalam prosesi kirab. Hal ini menunjukan bahwa jika diibaratkan sebagai pemimpin sebuah kerajaan, beliau berdua memang menjadi pemimpin yang dicintai rakyatnya.

Dalam sambutannya, Bupati Cilacap Tatto S. Pamudji menyampaikan, pagelaran budaya ini bukan saja sebuah tradisi turun temurun di Cilacap. Tetapi lebih ke bagaimana hal ini bisa menjadi komoditas dalam dunia wisata di Cilacap. Bukan hanya wisatawan lokal, tetapi juga mancanegara. Acara tersebut juga dihadiri oleh KPAr. Hargo Kusuma dari Paguyuban Kerabat Mataram. Beliau berpesan kepada generasi muda untuk tetap nguri-uri budaya melalui kegiatan keseharian generasi muda.

Sebagai perwujudan pemersatu masyarakat di Kabupaten Cilacap yang bisa dikatakan Heterogen, gelar budaya kali ini sungguh luar biasa, karena dapat mempersatukan kembali kejayaan dan kekompakan kaum nelayan khususnya, dan maysarakat umum untuk saling menjaga tradisi budaya dan saling menghormati kebudayaan-kebudayaan lain yang terdapat di Cilacap bercahaya, sebagai sesantinya light of java.

Berikut galeri foto dari acara tersebut

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s